Menjadi CERDAS berarti mampu untuk
menyederhanakan berbagai hal yang nampaknya sulit bagi orang lain.
Prinsip CERDAS adalah membuat yang sulit bagi
orang lain menjadi mudah dilakukan jika kita tahu kuncinya.
Sistem belajar di Universitas Terbuka(UT)
adalah sistem belajar jarak jauh (BJJ). Ciri utama dari sistem ini adalah
terpisahnya secara fisik antara pengajar dan mahasiswa. Hubungan antara
pengajar dan mahasiswa tetap ada dan dilakukan melalui perantara berbagai
media, terutama media cetak atau modul. Dengan berkembangnya teknologi saat
ini, maka hubungan antara pengajar dan mahasiswa juga dapat dilakukan melalui
jaringan Internet.
Sistem BJJ sering dihubungkan dengan konsep
belajar mandiri. Konsep belajar mandiri menunjukkan bahwa mahasiswa tidak
tergantung pada pengajar seperti pada pendidikan tatap muka. Belajar mandiri
bukan berarti belajar sendiri. Belajar mandiri berarti belajar secara
berinisiatif, dengan ataupun tanpa bantuan orang lain. Ini berarti Anda dapat
memilih belajar sendiri, bersama teman atau dengan bantuan tutor. Berinisiatif
dalam belajar berarti Anda mengetahui bahwa Anda dapat mensiasati belajar
melalui strategi belajar yang efektif.
Belajar di bidang formal tidak selalu
menyenangkan. Apalagi jika Anda merasa belajar dengan terpaksa. Misalnya, Anda
harus belajar karena itulah satu-satunya cara untuk lulus, mendapat pekerjaan
atau bahkan kenaikan pangkat. Contoh lain adalah bila Anda menyukai belajar di
kelas dengan bimbingan dosen, sedangkan Anda terpaksa kuliah di Universitas
Terbuka (UT) yang mempunyai sistem belajar jarak jauh.
Menghadapi keterpaksaan untuk belajar jelas
bukan hal yang menyenangkan. Tidak mudah bagi seseorang untuk berkonsentrasi
belajar jika ia merasa terpaksa. Oleh karena itu, Anda perlu mencari jalan agar
belajar menjadi sesuatu hal yang menyenangkan, atau .... walaupun tetap
terpaksa tapi paling tidak dapat menjadi lebih mudah dan efektif.
Para ahli di bidang psikologi pendidikan
mengembangkan berbagai cara untuk mencari cara agar belajar menjadi sesuatu hal
yang lebih mudah dan efektif.Silahkan membaca bahasan tentang strategi belajar
CERDAS berikut ini.
Apa itu strategi
CERDAS?
CERDAS adalah singkatan dari prinsip-prinsip
strategi belajar secara efektif. Prinsip belajar CERDAS akan membantu Anda
menggunakan strategi belajar dengan cara yang CERDAS. Sebagai mahasiswa, Anda
perlu melakukan perencanaan dan pengelolaan belajar. Mahasiswa UT pada umumnya
adalah mahasiswa yang bekerja sambil kuliah. Oleh karena itu, berbagai
aktivitas dilakukan selain belajar seperti bekerja, melakukan kegiatan sosial,
dan lainnya. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa Anda perlu melakukan
perencanaan dan pengelolaan belajar agar dapat belajar dengan lebih baik dan
lebih efektif.
Jika Anda adalah mahasiswa UT yang belajar
sambil bekerja, maka strategi ini akan sangat membantu Anda tidak hanya dalam
belajar, tapi juga pada pekerjaan Anda di masa mendatang. Mengapa? Karena
strategi ini sekaligus melatih Anda untuk menjadi perencana dan pengelola yang
handal untuk berbagai kegiatan Anda. Anda adalah pemimpin atau manajer masa
depan. Sebagai pemimpin, Anda harus mampu memimpin diri Anda sendiri sebelum
memimpin orang lain.
Bayangkan diri Anda menjadi pemimpin yang
harus merancang suatu kegiatan besar. Anda harus menyusun target kerja,
merancang langkah demi langkah dan mengelola agar kegiatan Anda dapat berjalan
dengan lancar. Jika Anda berhasil dalam belajar di UT dengan strategi belajar
CERDAS ini, maka pengalaman keberhasilan Anda diharapkan akan terbawa di bidang
kerja Anda. Mari kita bahas prinsip-prinsip tersebut.
CERDAS
1.
Cerdik menggunakan
strategi belajar
2.
Efektif dalam
menggunakan waktu belajar
3.
Realistis dalam
merencanakan belajar
4.
Dapat mencapai target
belajar
5.
Akurat dalam
perencanaan belajar
6.
Spesifik dalam
menetapkan tujuan belajar
Prinsip-prinsip menjadi CERDAS nampaknya
sederhana bukan? Pada kenyataannya, menjadi CERDAS berarti mampu untuk
menyederhanakan berbagai hal yang nampaknya sulit bagi orang lain. Jika Anda
mencoba prinsip ini, maka Anda akan tahu bahwa yang sulit bagi orang lain
ternyata dapat menjadi mudah dilakukan jika Anda tahu kuncinya.
Cerdik dalam Belajar
Cerdik dalam menggunakan berbagai strategi
belajar. Cerdik dalam mengenali lingkungan belajar. Cerdik dalam mengelola
belajar. Cerdik dalam menyusun target belajar. Cerdik memonitor belajar. Cerdik
mengevaluasi belajar.
Efektif dalam Belajar
1.
EFEKTIF dalam
mengelola waktu untuk belajar, bekerja, keluarga, kegiatan sosial dan bersantai
2.
Waspada terhadap
pemborosan waktu
3.
Menentukan batasan waktu(deadline)
dari pencapaian target belajar
4.
Memiliki fleksibilitas
dan disiplin diri. (fleksibilitas = mampu belajar dimana saja, kapan saja)
Realistis dalam
Belajar
Membuat tujuan belajar jangka pendek dan
jangka panjang yang Realistis. Tujuan yang R E A L I S T I S akan meningkatkan
motivasi dan menggerakkan Anda untuk mencapai tujuan akhir tanpa
frustrasi.....!!!
Contoh: mengikuti SIPAS (Sistem Paket
Semester) atau membuat SIPAS versi sendiri disesuaikan dengan kesibukan
Dapat mencapai tujuan
yang telah disusun
Mampu mencapai tujuan yang cukup sulit.
Kondisi ini memberi perasaan yakin akan kemampuan diri dan bangga terhadap diri
sendiri ...........! Hal ini akan meningkatkan motivasi belajar Anda!!!
Akurat dalam menyusun
tujuan belajar
Tujuan jangka pendek yang Anda buat harus
akurat atau dapat diukur. Tujuan yang akurat membuat Anda tahu sampai seberapa
jauh Anda sudah mencapai sasaran yang direncanakan sebelumnya.
Spesifik dalam
menyusun tujuan belajar
Tujuan yang SPESIFIK akan membuat target
belajar menjadi akurat, dapat diukur dan menghemat waktu
Pengalaman Belajar
Mahasiswa
Menurut Wasis, belajar bisa berdasarkan:
1.
Jam ujian
2.
Inti dan non inti
3.
Kode dan tahun
4.
Pengelompokan
matakuliah berdasarkan tingkat kesulitan/kesukaran (mudah, sedang, sulit)
5.
Semua itu dibuat
sendiri yang “gue banget”
6.
Mengikuti produk
downline UT (TTMRK, Tutis, Tuton)
7.
Kenali diri,
mengetahui aturan dan berbagai hal tentang UT, mencoba dan melakukan
Menurut Yati:
1.
Kenali diri, gaya
belajar kita seperti apa
2.
Menerapkan strategi
belajar
a) Pemilihan/pengelompokan matakuliah berdasarkan
jam ujian,
b) Efektif menggunakan waktu belajar (mempunyai
modul dan membaca)
c) Mempunyai tujuan dan target belajar
3.
Komitmen atau kemauan
---“no ngulang”, mencari kiat/motivasi
4. Mencari informasi
(segala hal tentang UT, tentang ekstrakurikuler) melalui kelompok belajar,
website UT, dari teman, dll.
Sumber Informasi : Website resmi Universitas Terbuka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar