Selasa, 24 Maret 2015

Strategi Belajar Mandiri

Mahasiswa UT diharapkan dapat belajar secara mandiri. Cara belajar mandiri menghendaki mahasiswa untuk belajar atas prakarsa atau inisiatif sendiri.
Belajar mandiri dapat dilakukan secara sendiri ataupun berkelompok, baik dalam kelompok belajar maupun dalam kelompok tutorial. UT menyediakan bahan ajar yang dibuat khusus untuk dapat di pelajari secara mandiri. Selain menggunakan bahan ajar yang disediakan oleh UT, mahasiswa juga dapat berinisiatif memanfaatkan perpustakaan, mengikuti tutorial baik secara tatap muka maupun melalui Internet (tutorial online/tuton), radio, dan televisi, serta menggunakan sumber belajar lain seperti bahan ajar berbantuan komputer dan program audio/video. Apabila mengalami kesulitan belajar, mahasiswa dapat meminta informasi atau bantuan tutorial kepada Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) setempat.
Belajar mandiri dalam banyak hal ditentukan oleh kemampuan belajar secara efisien. Kemampuan belajar bergantung pada kecepatan membaca dan kemampuan memahami isi bacaan. Untuk dapat belajar mandiri secara efisien, mahasiswa UT dituntut memiliki disiplin diri, inisiatif, dan motivasi belajar yang kuat. Mahasiswa juga dituntut untuk dapat mengatur waktunya dengan efisien, sehingga dapat belajar secara teratur berdasarkan jadwal belajar yang ditentukan sendiri. Oleh karena itu, agar dapat berhasil belajar di UT, calon mahasiswa harus siap untuk belajar secara mandiri. Bagaimana caranya agar mahasiswa bisa berhasil dalam program pendidikan jarak jauh? Situs ini memberikan beberapa tips yang bisa dilaksanakan oleh mahasiswa yang mengikuti pendidikan jarak jauh terutama mahasiswa Universitas Terbuka.
Pengertian

"Pendidikan jarak jauh didasarkan pada dasar pemikiran bahwa murid adalah pusat proses pembelajaran, bertanggung jawab terhadap pembelajaran mereka sendiri, dan berusaha sendiri di tempat mereka sendiri. Hal ini adalah merupakan kepemilikan dan otonomi." http://www.studygs.net/indon/disted.htm
Kondisi-kondisi yang biasa terdapat pada program pendidikan jarak jauh
(Steve Wheeleer, 1999)
1.      Informasi yang harus diketahui oleh mahasiswa, diantaranya adalah
a.       Alamat website kelas
b.      Nama dosen/tutor, lokasi dan jam tutorial, nomor telepon, fax, alamat e-mail pengelola/dosen/tutor.
c.       Lokasi dan jam kerja pusat informasi, nomor telepon, pimpinan pusat informasi dengan alamat e-mail, nama ketua program studi.
d.      Jadwal (batas akhir) registrasi, tutorial, ujian akhir semester
e.       Persyaratan lainnya yang bersifat administratif.

2.      Logistik atau perlengkapan yang diperlukan dan akan didapatkan
a.       Bahan belajar
§  Kapan dan dimana bahan ajar (buku materi pokok) bisa didapatkan
§  Apa saja perlengkapan belajar yang akan diterima (bahan ajar cetak, non cetak ataupun kit praktik, catalog, suplemen dan lain-lain)
§  Formulir apa saja yang harus diterima dan dilengkapi (tanda bukti setoran, formulir registrasi dan lain-lain)
b.      Materi Pembelajaran (perkuliahan)
§  Materi pembelajaran yang anda harapkan.
§  Silabus perkuliahan dan tugas-tugas yang harus Anda kerjakan selama mengikuti mata kuliah tersebut
§  Bagaimana anda akan menerima materi tersebut.
§  Bagaimana mempelajari materi tersebut
§  Darimana saja Anda bisa mendapatkan sumber belajar lainnya selain buku materi pokok
§  Bagaimana penilaian dalam mata kuliah tersebut, apakah hanya dari uji konsep, atau praktik atau gabungan dari keduanya.
§  Bagaimana menjadwalkan diri Anda untuk mempelajari materi mata kuliah agar

3.      Umpan balik pada tutor
a.       Dalam pertemuan tatap muka, seorang tutor bergantung pada umpan balik dari mahasiswanya, baik dengan pertanyaan maupun ekspresi wajah / fisik. Dalam program jarak jauh, hal ini merupakan hal yang sangat sulit, dan anda bertanggung jawab untuk memberitahu tutor tentang bagaimana anda menerima pelajaran baik melalui janji pertemuan, pembicaraan telepon ataupun e-mail.
b.      Menunjukkan kemajuan dan ketaatan.
c.       Laporan perkembangan bisa Anda terima melalui tutor dengan cara memberikan umpan balik pada anda mengenai kemajuan selama pembelajaran. Mintalah jadwal evaluasi, kondisi dan metode untuk kemajuan anda melalui materi-materi yang ada. Metode-metode tersebut meliputi beberapa hal, diantaranya melalui tes-tes yang meliputi penguasaan pengetahuan atau hasil dari tugas-tugas yang diberikan, laporan-laporan, proyek-proyek, kasus studi, rangkuman pendidikan, dan masukan secara kualitatif dan kuantitatif dalam diskusi pelajaran dan proyek-proyek.

Sumber Informasi : Website resmi Universitas Terbuka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar