Mahasiswa UT diharapkan dapat belajar secara
mandiri. Cara belajar mandiri menghendaki mahasiswa untuk belajar atas prakarsa
atau inisiatif sendiri.
Belajar mandiri dapat dilakukan secara sendiri
ataupun berkelompok, baik dalam kelompok belajar maupun dalam kelompok
tutorial. UT menyediakan bahan ajar yang dibuat khusus untuk dapat di pelajari
secara mandiri. Selain menggunakan bahan ajar yang disediakan oleh UT,
mahasiswa juga dapat berinisiatif memanfaatkan perpustakaan, mengikuti tutorial
baik secara tatap muka maupun melalui Internet (tutorial online/tuton), radio,
dan televisi, serta menggunakan sumber belajar lain seperti bahan ajar
berbantuan komputer dan program audio/video. Apabila mengalami kesulitan
belajar, mahasiswa dapat meminta informasi atau bantuan tutorial kepada Unit
Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) setempat.
Belajar mandiri dalam banyak hal ditentukan
oleh kemampuan belajar secara efisien. Kemampuan belajar bergantung pada
kecepatan membaca dan kemampuan memahami isi bacaan. Untuk dapat belajar
mandiri secara efisien, mahasiswa UT dituntut memiliki disiplin diri,
inisiatif, dan motivasi belajar yang kuat. Mahasiswa juga dituntut untuk dapat
mengatur waktunya dengan efisien, sehingga dapat belajar secara teratur
berdasarkan jadwal belajar yang ditentukan sendiri. Oleh karena itu, agar dapat
berhasil belajar di UT, calon mahasiswa harus siap untuk belajar secara
mandiri. Bagaimana caranya agar mahasiswa bisa berhasil dalam program pendidikan
jarak jauh? Situs ini memberikan beberapa tips yang bisa dilaksanakan oleh
mahasiswa yang mengikuti pendidikan jarak jauh terutama mahasiswa Universitas
Terbuka.
Pengertian
"Pendidikan jarak jauh didasarkan pada dasar pemikiran
bahwa murid adalah pusat proses pembelajaran, bertanggung jawab terhadap
pembelajaran mereka sendiri, dan berusaha sendiri di tempat mereka sendiri. Hal
ini adalah merupakan kepemilikan dan otonomi." http://www.studygs.net/indon/disted.htm
Kondisi-kondisi yang
biasa terdapat pada program pendidikan jarak jauh
(Steve Wheeleer, 1999)
1.
Informasi
yang harus diketahui oleh mahasiswa,
diantaranya adalah
a.
Alamat website kelas
b.
Nama dosen/tutor,
lokasi dan jam tutorial, nomor telepon, fax, alamat e-mail
pengelola/dosen/tutor.
c.
Lokasi dan jam kerja
pusat informasi, nomor telepon, pimpinan pusat informasi dengan alamat e-mail,
nama ketua program studi.
d.
Jadwal (batas akhir)
registrasi, tutorial, ujian akhir semester
e.
Persyaratan lainnya
yang bersifat administratif.
2.
Logistik
atau perlengkapan yang diperlukan
dan akan didapatkan
a.
Bahan belajar
§
Kapan dan dimana bahan
ajar (buku materi pokok) bisa didapatkan
§
Apa saja perlengkapan
belajar yang akan diterima (bahan ajar cetak, non cetak ataupun kit praktik,
catalog, suplemen dan lain-lain)
§
Formulir apa saja yang
harus diterima dan dilengkapi (tanda bukti setoran, formulir registrasi dan
lain-lain)
b.
Materi Pembelajaran
(perkuliahan)
§
Materi pembelajaran
yang anda harapkan.
§
Silabus perkuliahan
dan tugas-tugas yang harus Anda kerjakan selama mengikuti mata kuliah tersebut
§
Bagaimana anda akan
menerima materi tersebut.
§
Bagaimana mempelajari
materi tersebut
§
Darimana saja Anda
bisa mendapatkan sumber belajar lainnya selain buku materi pokok
§
Bagaimana penilaian dalam
mata kuliah tersebut, apakah hanya dari uji konsep, atau praktik atau gabungan
dari keduanya.
§
Bagaimana menjadwalkan
diri Anda untuk mempelajari materi mata kuliah agar
3.
Umpan
balik pada tutor
a.
Dalam pertemuan tatap
muka, seorang tutor bergantung pada umpan balik dari mahasiswanya, baik dengan
pertanyaan maupun ekspresi wajah / fisik. Dalam program jarak jauh, hal ini
merupakan hal yang sangat sulit, dan anda bertanggung jawab untuk memberitahu
tutor tentang bagaimana anda menerima pelajaran baik melalui janji pertemuan,
pembicaraan telepon ataupun e-mail.
b.
Menunjukkan kemajuan
dan ketaatan.
c.
Laporan perkembangan
bisa Anda terima melalui tutor dengan cara memberikan umpan balik pada anda
mengenai kemajuan selama pembelajaran. Mintalah jadwal evaluasi, kondisi dan
metode untuk kemajuan anda melalui materi-materi yang ada. Metode-metode
tersebut meliputi beberapa hal, diantaranya melalui tes-tes yang meliputi
penguasaan pengetahuan atau hasil dari tugas-tugas yang diberikan,
laporan-laporan, proyek-proyek, kasus studi, rangkuman pendidikan, dan masukan
secara kualitatif dan kuantitatif dalam diskusi pelajaran dan proyek-proyek.
Sumber Informasi : Website resmi Universitas Terbuka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar